CARA BERJUALAN DI TOKOPEDIA

CARA BERJUALAN DI TOKOPEDIA

DESAIN BY: @tio_studios(instagram)


Banyak Orang Bertanya – Tanya, Bagaimana sih caranya berjualan di tokopedia?, Kebanyakan orang awam bingung bagamana cara berjualan di tokopedia
Berikut Langkah Langkah – Langkah Agar Kalian Bisa Berjualan Di Tokopedia….

1.Bikin Akun

Yang pertama yang harus di lakukan adalah membuat akun tokopedia terlebih dahulu, tapi jika kalian sudah punya akun tokopedia, silahkan lewati cara ini.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut, kalian dapat registrasi melalui facebook,Google +, Yahoo, ataupun dengan mengisi data diri
NP: Jika kalian registrasi melalui Facebook, Google+, Yahoo, kalian nantinya hanya next-next saja.

  • Pada gambar tersebut, saya melakukan registrasi dengan mengisi data diri, Setelah melengkapinya, klik “Daftar Akun”.
  • Selanjutnya kalian akan mendapat email konfirmasi dari tokopedia, Cek email kalian, Dan jika beberapa jam tidak ada email, silahkan klik “Kirim Ulang Email Aktivasi”

  • Isi email aktivasi akan berbentuk seperti berikut. Klik pada “Aktifkan Akun Anda”.

  • Selanjutnya, Kalian harus memasukan nomor ponsel aktif kalian ke tokopedia, Masukkan nomor ponsel aktif kalian, Lalu, tunggu SMS dari tokopedia yang berisi kode verifikasi. Lalu, masukkan kode tersebut pada form yang telah disediakan, klik “Submit”. Setelah itu, akan ada konfirmasi bahwa nomor ponsel kalian telah diverifikasi, lalu klik “Kembali ke Beranda”

2.Buka Toko


Yang kedua, Kalian harus membuka toko di tokopedia supaya bisa berjualan di tokopedia, Jika tidak membuka toko, maka kalian tidak dapat berjualan di tokopedia.


  •      Pertama klik “Buka Toko” seperti di gambar
  •         Isi seluruh data yang diperlukan. Berhati-hatilah pada saat mengisi Nama Toko, karena tidak dapat diubah lagi. Klik “Cek Nama Toko” untuk mengetahui apakah nama tersebut telah digunakan atau belum. Jika sudah digunakan, Kalian harus menggantinya dengan nama lain. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengisi nama domain toko Anda. Nama domain pun tidak boleh sama dengan orang lain. Klik “Cek Domain” untuk mengetahuinya.
  • Selanjutnya, Isi alamat toko kalian pada kolom berwarna putih. Jika alamat tersebut sudah dipastikan benar, klik pada “Gunakan Lokasi Ini”.
  •  Lalu pilih metode pengiriman, pilihlah sesua yang kalian mau dan tidak merepotkan kalian, Jika sudah memilih jasa pengiriman dan pembayarannya klik “Buka Toko”
  • Selamat, kini kalian telah memiliki sebuah toko online di Tokopedia. Selanjutnya, kalian perlu menampilkan produk-produk yang akan dijual. Klik pada “Tambahkan Produk Pertama Anda”.

3. Menambahkan Produk /Barang Yang Kalian Jual
Hal selanjutnya yang harus di lakukan adalah memasukan/menambahkan, produk/barang yang kamu jual di tokopedia
  • Isi data yang meliputi produk kalian, Dari nama produk, Foto, DLL
  • Jika telah selesai, klik “Simpan”. Atau klik “Simpan & Tambah Baru” jika ingin menambahkan produk lain
  • Selesai, Kalian telah menambahkan produk kalian di tokopedia

4. Tunggu Pesanan Datang


DESAIN BY: @tio_studios(instagram)

Selanjutnya, Kalian tinggal menunggu pesanan datang dari pelanggan. Tokopedia akan mengirimkan email pemberitahuan jika ada pesanan yang datang. Kalian pun harus sering-sering mampir ke toko kalian dan memberikan respons secepat mungkin ke  pelanggan.
Untuk setiap pesanan yang datang, Tokopedia memberikan waktu 3 hari bagi Kalian untuk merenpos. Kalian dapat menerima ataupun menolak pesanan tersebut. Berikan alasan yang jelas jika Kalian menolaknya, Karna jika kalian tidak memberikan alasan yang tidak jelas, Kasian pelanggan tidak mendapatkan kejelasan dan terlalu lama menunggu tanpa ada kepastian.
5.Kirim Pesanan
DESAIN BY: @tio_studios(instagram)

Setelah pelanggan mentransfer dana ke Tokopedia, Kalian harus segera mengirimkan barang pesanan tersebut. Anda pun perlu memasukkan nomor resi pengiriman. Agar pembeli dapat dengan mudah melacak paketnya.

6.Mengambil Hasil Jualan
DESAIN BY: @tio_studios(instagram)

Hal selanjutnya adalah mengambil hasil jualan, Hasil jualan akan masuk ke saldo tokopedia kalian.Setelah paket sampai di tangan pembeli, pembeli akan melakukan konfirmasi. Lalu, Tokopedia pun akan meneruskan dana hasil penjualan tersebut ke saldo Tokopedia kalian.Jika pembeli tidak melakukan konfirmasi selama 3 hari, dana hasil penjualan tersebut akan tetap diteruskan ke saldo Tokopedia kalian.

Nah itulah sekedar info dari saya, semoga sangat membantu bagi kalian yang ingin atau baru mau berjualan di tokopedia, dan semoga kalian di berikan kelancaran dalam berjualan di tokopedia, karna berjualan online itu terkadang menguntungkan dan kadang merugikan, Karna NO SYSTEM IS SAVE.
Np: Jika Ingin Mengcopy Paste Atau Mengambil Desain Grafis Harap Cantumkan Sumber
























Komentar