Cara Buat Background Kece Di Adobe Ilustrator

Cara Buat Background Kece Di Adobe Ilustrator

Desain By: @tio_studios (INSTAGRAM)

Gimana sih caranya buat bikin background kece dan simple sendiri tanpa harus mengambil/download dari google dan berbagai macam web penyedia vector dan gambar secara gratis yang mungkin gambar/vector itu memiliki hak cipta atau bahkan ukurannya sangat amat kecil, Sehingga gambar gampang banget pecah.

OKEY, Begini Caranya Guys....

1.Buka Ilustrator

Disini saya menggunakan Adobe Ilustrator CC 2014, Sebenernya semua tool di Adobe Illustrator ini semua versi sama semua, bedanya mungkin cuman ada tambahan plugin, Tampilan yang berbeda, Dan posisi tool yang agak sedikit berbeda.

2.Buka New File

Klik File – New atau kalian bisa dengan menggunakan Shortcut Keyboard yaitu CTRL+N, Setelah di buka, Atur ukuran kertasnya, Terserah kalian ingin berapa kali berapa, Sebagai contoh disini saya menggunakan ukuran 21x21 CM, Lalu klik OK.

3. Plih Rectangel Tool


Klik Rectanggel tool/tekan (M) pada keyboard lalu bentuklah sesuai ukuran kertas yang kamu bikin tadi jangan lupa untuk di warnai shape nya.
Note : Untuk membuat shape lebih Proporsional ( Lebih Seimbang/Sama Menjadi bentuk Kotak yang Pas) Bentuk sambil menekan SHIFT.

4. Pilih Elips Tool


Tekan Rectangel tool tadi lalu akan muncul Drop Down lalu pilih Elips Tool atau kalian bisa dengan mengklik shortcut Keyboard yaitu tekan (L), Saat membentuk Shape nya jangan lupa untuk tekan SHIFT agar lingkaran bisa terlihat lebih Proporsional, Jangan lupa untuk di warnain Lingkarannya.

5. Jadikan Elips Tool menjadi Stroke




Jadikan Elips Tool Menjadi Stroke dengan cara klik Gambar panah yang ada paling bawah dekat dengan Color Fill dan juga Color Stroke atau kalian bisa juga dengan menggunakan shortcut keyboart  yaitu SHIFT+X, Lalu perbesar strokenya.

6. Klik Stroke yang ada di samping tool pembesar stroke lalu perbesar








Lalu Klik Stroke yang ada di samping tool pembesar stroke, Lalu centang Dashline lalu atur Dash dan Gap nya (atur sesuka anda kalian/ Sekreatif kalian), Lalu tekan tombol panah atas untuk membesarkan stroke sambil menekan SHIFT, Sebagai contoh saya mengubah ukurannya menjadi 350pt, Hasil akan seperti yang di gambar.

7.Klik Object Expand




Klik Object lalu klik Expand Appearance lalu klik Object lagi dan klik Expand... lalu atur seperti di gambar, lalu perbesar dan pasin dengan rectangel tool yang sudah kalian baut sejak awal tadi.

8.Create Clipping Mask





Klik Rectangel tool, Lalu copy dan paste di tempat yang sama agar tidak pindah posisi atau kalian bisa lakukan dengan menggunakan shortcut keyboard yaitu dengan menekan Ctrl + C lalu Ctrl + F lalu hasil copyan tadi tarus di atas layer dengan cara tekan shortcut pada keyboard SHIFT + ], Lalu klik copyan rectangel tool yang sudah di atas layer tadi dan klik juga Elips Tool secara bersamaan sambil menekan SHIFT, Selanjutnya klik kanan dan klik Make Cliping Mask.

9.Klik Warp






 Setelah Menjadi Clipping Mask, Tekan dua kali elips tool yang sudah menjadi clipping mask lalu klik satu kali lagi sampai elips tool benar – benar ke klik, Lalu pilih Effects – Distrort And Transform – Twist, Lalu atur sesuai keinginan anda jangan lupa centang priview untuk melihat hasil, Sebagai contoh disini saya memasukan besar ukuran nya yaitu 50 , Jika sudah Klik Ok, Hasil seperti gambar di bawah ini.

10. Kasih Gradient





Klik Rectangel Tool lalu Tekan CTRL + C lalu CTRL + F lalu pindahkan rectanggel yang sudah di copy paste tersebut ke bagian layer paling atas dengan cara tekan SHIFT + ], Lalu klik gradient dan ubah yang tadinya linear menjadi radial, Lalu ubah Blending Mode nya jadi Multiply dan Opacitynya ubah menjadi sekitar 40/50.

Selesai.......

Hasil akan jadi seperti ini


Itulah caranya bagaimana bikin background yang kece dan simple di Adobe Illustrator, Mungkin dari tutorial di atas kalian bisa membuat lebih bervariasi lagi, Entah warna nya di jadiin banyak atau yang lainnya, Semoga tutorial di atas sangat membantu kalian dalam membuat design atau bahkan yang lainnya.

 Nb: Jika Ingin Mencopy Paste Artikel Ini Atau Mengambil Desain Di Artikel Ini Harap Izin Terlebih Dahulu Dan Jangan Lupa Cantumkan Sumber










Komentar